5 Mitos Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan Beserta Faktanya

Di masyarakat beredar beberapa mitos mengenai ciri-ciri hamil anak perempuan. Namun, jangan buru-buru memercayainya. Baca dulu penjelasan dari sisi medisnya.
5 mitos ciri-ciri hamil anak perempuan beserta faktanya - alodokter


Mempercayai mitos ciri-ciri hamil anak perempuan memang tidak berbahaya. Namun, mitos ini bisa membuat pikiran Anda fokus pada hal tersebut dan membuat Anda berharap lebih, khususnya buat Anda yang mendambakan anak perempuan. Sebelum membeli segala perlengkapan bayi berwarna merah muda, yuk baca penjelasan dari sisi medisnya.
Berikut lima mitos ciri-ciri hamil anak perempuan beserta faktanya:
Detak jantung
Biasanya, detak bayi jantung berkisar antara 110 hingga 160. Namun, ada mitos yang mengatakan jika detak jantung bayi Anda lebih cepat dari 140, maka Anda hamil anak perempuan. Menurut penelitian, tidak ada perbedaan antara detak jantung anak laki-laki dan perempuan saat berada di dalam perut. Namun, ada penelitian yang menyatakan bahwa detak jantung bayi perempuan lebih cepat ketimbang laki-laki. Tapi, itu hanya terjadi sesaat sebelum persalinan.
Bentuk perut
Jika perut Anda terlihat tinggi atau melebar ke tengah, maka menurut mitos Anda hamil anak perempuan. Namun, pernyataan ini hanyalah mitos. Jenis kelamin bayi tidak dapat memengaruhi otot-otot perut Anda.
Bentuk perut ibu hamil pada tiap orang bervariasi. Hal ini tergantung bentuk tubuh Anda masing-masing dan usia kehamilan.
Muntah-muntah
Sering muntah-muntah pada pagi hari (morning sickness)? Mitos mengatakan Anda memiliki bayi perempuan. Mitos ini mungkin ada benarnya. Menurut penelitian, wanita yang mengalami morning sickness yang parah lebih mungkin melahirkan bayi perempuan. Itu disebabkan oleh hormon hCG (hormon yang memicu morning sickness) cenderung lebih tinggi pada ibu hamil yang mengandung bayi perempuan. Kondisi muntah berlebihan disebut hiperemesis gravidarum.
Ngidam Makanan Asam
Ketika mengandung anak perempuan, selera makan Anda berubah menurut mitos. Anda lebih menyukai atau ngidam makanan dengan rasa asam. Jika dilihat dari segi medis, ngidam itu bisa terjadi karena ibu hamil mengalami perubahan hormon yang memengaruhi indera penciuman Anda. Jadi bukan karena jenis kelamin calon bayi Anda.
Terlihat tak Menawan
Ada mitos yang mengatakan jika Anda hamil anak perempuan, maka wajah Anda akan terlihat kusam dan tidak menawan karena kecantikan Anda diserap oleh bayi Anda. Sebaliknya, jika Anda hamil anak laki-laki, wajah Anda akan terlihat lebih cantik. Namun, itu hanyalah mitos belaka.
Jika jenis kelamin bayi merupakan hal penting bagi Anda, jangan percaya dengan mitos. Disarankan untuk melakukan USG kehamilan untuk mengetahui jenis kelamin bayi Anda. USG memakai gelombang suara frekuensi tinggi yang bisa memberi gambaran bayi dalam rahim dan organ reproduksi Anda. Biasanya USG dilakukan antara minggu ke-18 hingga ke-20 di usia kehamilan.
Selain USG, ciri-ciri hamil anak perempuan juga bisa dideteksi dengan melakukan tes darah ibu hamil. Namun, tes ini memakan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, prosedur ini hanya dilakukan di laboratorium khusus saja, bukan digunakan secara komersil.
Jadi sebelum memercayai ciri-ciri hamil anak perempuan, periksa lagi kebenarannya dari sisi medis. Untuk lebih pastinya, lakukan USG kehamilan. Jangan terburu-buru dalam mempersiapkan perlengkapan Si Buah Hati sebelum benar-benar memastikan jenis kelamin janin di kandungan.

No comments:

Post a Comment