Menu Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas Sejak Dini


Menu makanan ibu hamil agar anak cerdas haruslah mengandung nutrisi macam protein, AA – DHA, asam amino, asam lemak omega 3 6 9 dan lainnya. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat berperan penting dalam perkembangan otak janin di dalam kandungan. Seperti diketahui bahwa awal dari perkembangan kecerdasan anak adalah sejak masih di dalam kandungan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi awal kecerdasan anak tersebut, diantaranya pola hidup sehat sang orang tua, gen atau keturunan, dan juga ditentukan oleh nutrisi yang diberikan seorang ibu kepada janin. Semakin kebutuhan nutrisi-nutrisi yang telah disebutkan di atas terpenuhi, semakin maksimal pula perkembangan otak janin.

Selain nutrisi untuk perkembangan kecerdasan anak, dibutuhkan juga nutrisi-nutrisi lain selama kehamilan. Seorang ibu hamil dituntut untuk bisa menjaga asupan nutrisi dan kebutuhan gizi untuk Anda dan sang janin agar kesehatannya tetap terjaga sampai proses persalinan tiba. Memiliki anak yang sehat dan cerdas tentu menjadi impian bagi semua orang tua.

6 Jenis Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

Nutrisi untuk perkembangan awal kecerdasan janin sangat membutuhkan protein, tapi selain itu juga nutrisi-nutrisi lain seperti AA dan DHA, asam amino, asam lemak omega 3, 6, dan 6, vitamin B dan vitamin E, zat besi dan yang lainnya. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut
  1. Kacang Tanah
Makanan ini hanya disarankan kepada para ibu hamil yang memang tidak punya alergi terhadap kacang tanah atau sejenisnya. Selain rasanya yang enak dan cocok sebagai camilan, kacang tanah mengandung sangat banyak protein dan juga asam folat yang baik untuk para ibu hamil. Pada awal kehamilan Anda, mengonsumsi kacang tanah bisa membantu mencegah cacat otak pada anak atau pada tulang belakang anak yang masih berada di dalam kandungan. Namun Anda juga harus menjaga porsinya agar kesehatan tubuh juga tetap terjaga. Setiap porsinya konsumsilah sekitar 2 sendok makan kacang tanah yang telah dikupas.
  1. Ikan Salmon
Mungkin jenis makanan ibu hamil agar anak cerdas yang satu ini cukup sulit ditemukan. Namun jika Anda tinggal di kota-kota besar, menemukan ikan salmon cukup mudah apa lagi Anda bisa menemukan berbagai olahan salmon di restoran-restoran. Ikan ini mengandung gizi yang sangat tinggi, seperti protein, asam lemak esensial omega 3, juga AA dan DHA yang dinilai sangat bermnafaat bagi perkembangan otak janin yang ada dalam kandungan. Akan tetapi bagi para ibu hamil sebaiknya hindari konsumsi salmon mentah, karena dikhawatirkan ikan salmon tersebut masih terkontaminasi oleh bakteri berbahaya.
  1. Daging Sapi Matang
Makanan lezat selanjutnya untuk ibu hamil adalah daging sapi yang sudah dimasak. Makanan ibu hamil agar anak cerdas yang satu ini mengandung cuup banyak zat besi dan protein. Protein sangat bermanfaat bagi janin terutama untuk pembentukan otot, struktur tulang, enzim, dan juga sistem kekebalan tubuh. Selain bermanfaat untuk janin, konsumsi daging sapi matang ini juga bermanfaat bagi sang ibu karena zat besi juga bisa membantu produksi hemoglobin dan menjauhkan sang ibu dari risiko melahirkan prematur. Saat Anda mengonsumsi daging sapi matang, makanlah sepotong daging sapi atau sekitar 35 gram tanpa lemak.
  1. Telur
Makan telur juga bisa membuat anak cerdas sejak dini saat ia masih berad adi dalam kandungan. Makanan ini mengandung banyak umer protein dan juga lemak yang sangat kaya akan vitamin dan juga mineral yang banyak manfaatnya untuk para ibu hamil. Sel tubuh pada bayi yang maish berkembang di dalam kandungan membutuhkan asupan protein yang cukup untuk bisa tumbuh dan berkembang. Makanan ibu hamil agar anak cerdas yang rasanya enak ini juga mengandung kolin dan asam lemak omega 3yang bisa membantu otak dan pengelihatan si anak. Dalam satu kali konsumsi, makanlah 1 telur ukuran besar atau sekitar 50 gram telur.
  1. Sereal
Anda pasti sudah terbayang bahwa sereal adalah salah satu makanan yang rasanya lezat. Namun ternyata selain rasanya yang lezat ini, sereal juga banyak mengandung gizi yang bermanfaat untuk ibu hamil. Kandungan serat, karbohidrat dan juga asam folat yang ada dalam sereal dinilai bia membantu ibu menghindari risiko melahirkan bayi uang cacat. Untuk ibu pun sereal juga bisa membantu melancarkan pencernaan karena kandugan seratnya yang cukup tinggi. Di minggu-minggu awal kehamilan asam folat juga bermanfaat untuk perkembangan janin. Jadi sesekali cobalah untuk makan sereal dengan porsi 1 cangkir sereal untuk sekali konsumsi.
  1. Daging Ayam
Selain daging sapi, daging ayam juga sangat bagu untuk perkembangan otot si anak karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Daging ayam juga mengandung vitamin-vitamin lainnya seperti vitamin B yang sangat membantu memperlancar metabolisme tubuh. Bagian terbaik untuk dikonsumi adalah dada ayam yang mengandung banyak protein, lebih rendah lemak dan rendah kolseterol. Nutrisi-nutrisi tersebut juga sangat bermanfaat elama proses perkembangan janin.

Cara Agar Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan

Selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi agar anak cerdas, pola hidup sehat seorang ibu yang mengandung juga sangat mempengaruhi. Asap rokok, baik sebagai perokok pasif maupun aktif dapat menurunkan tingkat kecerdasan anak. Selain itu asap rokok juga mampu membuat janin menjadi cacat. Pola hidup sehat lainnya yang perlu diterapkan adalah tidur teratur, tidak begadang, serta menghindari stres. Stres pada ibu yang mengandung dapat berakibat buruk pada janin.

Anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan yang dapat memancing kecerdasan anak sejak berada di dalam kandungan. Sebagai orang tua sebaiknya Anda sering mengajak si bayi berbicara, karena saat janin beruia 6 bulan, bayi sudah mulai peka dan bisa mendengar bunyi-bunyian. Saat Anda mengajak bayi berbicara, si bayi juga bisa belajar untuk mengenali suara ibunya, ayahnya, atau orang lain. Selain itu ternyata dengan memperdengarkan musik klasik juga bisa mendukung kecerdasan anak sejak dini. Musik klasik dinilai bisa mempengaruhi perkembangan otak si anak ke arah yang lebih positif. Nah, setelah Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan yang sudah disebutkan tadi, Anda juga harus mengimbanginya dengan rutin berolahraga. Namun sebagai ibu hamil Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat, lakukan saja olahraga ringan seperti berjalan kaki atau olahraga yoga. Aktivitas ini bisa memperlancar aliran darah Anda agar perkembangan si janin juga semakin lancar.

Sekian artikel kali, beberapa tips mengenai makanan ibu hamil agar anak cerdas dan tips lain yang kami berikan tadi hanyalah berupa saran yang bisa Anda coba. Namun jika Anda kurang yakin, Anda juga bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu kepada dokter spesialis kandungan atau dokter pribadi Anda.

Sumber

No comments:

Post a Comment