Yang Harus Dihindari Saat Hamil Trimester Pertama


Kehamilan merupakan suatu hal yang membahagiakan dan sudah dinanti oleh pasangan menikah. Namun, meski kehamilan adalah yang ditunggu dan membuat bahagia, kehamilan juga harus dijalani dengan penuh perhatian agar janin tumbuh sehat dan lahir dengan sempurna.

Dalam menjalani kehamilan, tiap wanita berbeda dan terjadi perubahan tidak hanya secara fisik namun hormonal.

Kondisi kesehatan calon ibu juga mempengaruhi kesehatan janin, sehingga selama masa kehamilan akan ada beberapa hal yang harus dihindari atau dikurangi supaya janin tumbuh dengan optimal dan lahir sebagai bayi yang sehat dan menjadi kebanggaan orang tua.

Masa rentan pada kehamilan biasanya terjadi pada trimester pertama karena janin yang masih kecil sehingga belum terlalu kuat.

Kiat (Tips) Menjaga Kehamilan Trimester Pertama

Berikut ini, beberapa kiat untuk menjaga kehamilan selama trimester pertama, agar kehamilan bisa dijalani dengan baik:
  1. Mencari informasi sebanyak mungkin tentang kehamilan dari berbagai sumber seperti, buku, berbagai media, televisi, internet.
  2. Bergabung dengan komunitas ibu hamil baik secara online, seperti milis, komunitas blogger atau di komunitas ibu hamil daerah setempat, supaya bisa berbagi pengalaman dan bertukar pikiran. Hal ini baik untuk kesiapan mental sebelum persalinan dan selama masa kehamilan.
  3. Pembiasaan untuk memakai baju yang lebih longgar, meskipun perut belum buncit supaya ketika perut membesar, sudah merasa nyaman dengan pakaian longgar.
  4. Mulai mengkonsumsi jenis makanan yang mudah dicerna misalnya nasi,jagung, kentang, ubi dan makanan yang berserat supaya pencernaan lancar.
  5. Menghindari makanan yang memiliki kadar lemak yang tinggi dan mengandung minyak seperti daging  yang berlemak banyak, makanan bersantan dan jenis makanan yang digoreng.
  6. Mengkonsumsi cemilan di pagi hari sebelum bangkit dari tempat tidur dan apabila mengalami insomnia, minumlah susu hangat.
  7. Pada usia kehamilan di atas 4 minggu, apabila terjadi rasa sakit di bagian bawah perut dan mucul flek darah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan tindakan medis.

Mengatasi Mual dan Muntah Trimester Pertama

Gejala kehamilan yang umum dialami oleh calon ibu terutama pada kehamilan trimester pertama adalah rasa mual dan muntah yang disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya disebabkan oleh tingginya kadar hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin).
Beberapa tips di bawah ini bisa membantu ibu hamil menghadapi rasa mual dan muntah pada trimester awal kehamilan.
  1. Rasa mual dan muntah bisa menyebabkan dehidrasi, karenanya dianjurkan banyak minum air putih atau jus buah untuk menjaga kadar air dalam tubuh sehingga tidak terjadi dehidrasi.
  2. Selain untuk mencegah dehidrasi, air putih juga disarankan bagi ibu hamil yang mengalami sembelit.
  3. Penyebab rasa mual dan muntah disebabkan banyak hal, salah satunya adalah sumber bau, baik yang terlalu menyengat atau tidak disukai. Karenanya, hindari dari segala hal yang menjadi sumber bau.
  4. Membiasakan menyikat gigi setelah makan atau muntah, hal ini supaya mulut juga terjaga kesehatannya.
  5. Lebih berhati – hati dan lakukan perlahan, jangan terburu – buru ketika akan bangun dari tidur, berbaring atau duduk supaya mencegah rasa mual, pusing atau perasaan ingin muntah.
  6. Ibu hamil trimester pertama sebaiknya sering mengkonsumsi makanan yang meski jumlahnya sedikit atau berporsi kecil namun frekuensinya cukup sering, supaya rasa mual dapat dihindari.
  7. Menyediakan makanan kecil dengan kadar garam rendah seperti biskuit atau roti gandum. Buah – buahan juga dianjurkan karena selain mengatasi mual juga memiliki nutrisi yang baik.
  8. Tidak melakukan aktifitas yang berat dan mengurangi aktifitas yang menuntut energi banyak.

Anjuran Untuk Kehamilan Trimester Pertama

Selama masa kehamilan trimester pertama, calon ibu memang dianjurkan untuk benar – benar fokus menjaga kandungannya yang masih rentan, karena kondisi rahim dan janin yang masih dini, agar janin bisa melalui bulan selanjutnya dengan tumbuh sehat.

Bagi calon ibu yang menghadapi kehamilan pertama, sangat disarankan untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang bagaimana menjalani kehamilan yang sehat termasuk pemilihan makanan serta pola hidup selama kehamilan.

Pada kehamilan pertama, biasanya calon ibu masih awam dalam merawat kandungannya, karena bertanya pada yang lebih berpengalaman  serta bertukar pikiran akan baik, supaya pengetahuan mengenai kehamilan menjadi lebih banyak dan tentunya bermanfaat baik bagi janin dan ibu.

No comments:

Post a Comment